Selasa, 08 Maret 2016

Kirim Barang ke Malaysia dengan Pos Indonesia

Akhirnya, gantungan kunciku sampai juga ke Malaysia, luar Negeri gitu loh. Belum pernah kepikiran sih nih kreasi bakal lintas negara. Jadi terharu diriku.Sempat bingung juga nanti ngirimnya via ekspedisi apa ya? JNE nggak ada layanan kirim barang keluar negeri selain dokumen dan pakaian. 

Gantungan kunci clay 
Tertarik order via Tokopedia ya



Jadi pilihanku jatuh kepada Pos Indonesia dengan biaya Rp. 250.000 estimasi sampai tujuan sekitar satu minggu. Setelah tanya-tanya dan survei harga sebelum mengirim barang saya dikasih blangko untuk diisi. Namanya EMS (Express Mail Service). Disitu ada beberapa lembar.


1. Lembar ungu muda  : Bukti penyerahan
2. Merah muda             : Pertinggal kantor asal
3. Kuning                       : Lembar untuk pengirim
4. Biru Muda                 : Keterangan pabean
5. Putih                         : Keterangan pengiriman 


Pesan dari petugas kantor pos sih, jika mengirim sebaiknya barang atau paketnya tidak lebih kecil dari ukuran blangko. Soalnya entar kan mau ditempel di paketnya. Beberapa hari kemudian saya baru mengirim paket. 
Duh, sayangnya pas tracking no barcode di EMS pos Indoonesia hasilnya not found melulu.


Tracking EMS di sini

Demi dedikasi kepada customer. Akhirnya langsung cek ke posnya untuk menanyakan status paket, karena tepat seminggu paket belum diterima. Terus dapat print keberadaan paket. Mungkin masih di bea cukai.




Bukti status tracking paket

Lalu pertugasnya menyarankan untuk mengambil paket di di kantor pos terdekat dengan lokasi penerima. Duh, sayangnya habis itu nggak ada kabar lagi dari pembeli. Apakah paket sudah diterima atau belum. Karena nggak ada komplain. Saya pastikan semua baik-baik saja. 

16 komentar:

  1. Itu ngemas clay, susah gak Dit?

    Keren deh , udah jadi exportir dirimu ya. Moga sukses selalu, lancar rezekimu, barakallah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikemas biasa aja kok mbak.
      makasih. moga banyak yang pesen lagi.

      Hapus
  2. Wah.. Barakallah.. makin sukses Mba Adit.. ;)

    Info nya bermanfaat banget nih.. kali aja aku jg bakalan kirim2 k LN. hihi

    BalasHapus
  3. amin. moga makin laris kita jualannya :)

    BalasHapus
  4. Wah keren mbak Adit, itu buat sendiri ya mbak? Kalau order langsung nggak bisa ya mbak, kali aja ada diskon, kan teman sendiri hehe

    Semoga makin lancar dan sukses ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbaak
      yuk bisa kok order langsung. Via inbox fb boleh

      Hapus
  5. lucu sekali gantungn kuncinya...jadi ngerti JNE hanya bisa dokumen dan pakaian untuk ke luar negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maacii...
      iya berharap jne bisa ke LN juga

      Hapus
    2. Maacii...
      iya berharap jne bisa ke LN juga

      Hapus
  6. Keren Mbak,ekspor keluar negeri, selamat yaaa...
    Ah iya, kelemahannya kantor pos kadang web buat trackingnya error, jdnya kan was2 ya? Tapi moga sampai selamat ke tujuan ya mbak barangnya? :)

    BalasHapus
  7. Apiiik deh gantungan kuncinya :)

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, laris lariiis....

    BalasHapus