Jumat, 15 Mei 2015

Jangan Charge Baterai sebelum 0%

Teman-teman pasti sering dengar bagaimana cara memperlakukan baterai HP terutama android agar awet dan nggak cepat mlendung. Kalau saya sih sering dengarnya jangan menggunakan hp saat dicas. Tapi benar juga loh, soalnya beterai ngisinya jadi lama dan panas. Oh ya, saya dapat artikel bermanfaat nih dari tabloid Pulsa. Yaitu mitos-mitos yang salah mengenai memperlakukan baterai ponsel.
Pertama, pernah dengar nggak kalau sebaiknya mengisi baterai saat sudah 0% atau benar-benar habis supaya lebih stabil. Nah, dulu hal ini saya sempat lakukan, namun setelah baca artikel di tabloid pulsa ternyata hal itu tidak tepat. Malah dianjurkan untuk mengisi baterai saat 50% atau 80% atau mencharge sebentar-sebentar bukannya sampai daya habis. 


Kedua, Saya sering melihat orang-orang khawatir ketika lupa mencabut charge saat daya baterai sudah full, takutnya nanti kelebihan daya dan bisa meledak. Kalau saya malah sukanya ngecas malam hari, pas mau tidur, jadi bangun-bangun sudah 100%. Tapi apa benar kalau ngecas kelamaan bakal bahaya. menurut Shane Broesky, co founder Farbe Technic, perusahaan aksesoris charger. Hal itu tidak apa-apa dan nggak berpengaruh pada baterai, karena teknologi sudah maju, si charger sudah tahu untuk berhenti ketika baterai full. Yang perlu diwaspadai adalah panas yang berlebihan ketika ngecas, pastikan tempatnya aman dengan suhu yang normal. 
Ketiga, hmmm, hampir semua orang pernah melakukannya demi penyelamatan HP yang hampir mati. Pernah ngecas pakai charger teman yang beda merk tapi bisa mengisi daya. Nah, yang ini perlu diwaspadai karena beda pabrikan bisa mempengaruhi kesehatan baterai lho, apalagi beli yang murah dan tidak orisinil, bisa-bisa baterai kelebihan daya dan panas. Charger bawaan tetap paling baik. 

Keempat, jangan pakai HP pas dicas. Sebenarnya tidak apa-apa melakukan hal ini selama pakai charge bawaan, tapi lebih baik sih dimatikan. Biar nggak panas dan cepat penuh.

Oke, jadi begitu deh artikel yang kubaca, semoga bermanfaat ya. Soalnya aku juga baru tahu, hehe. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar