Minggu, 05 April 2015

Beteng Pendem Ambarawa yang Mulai Terlupakan

Ditanya wisata seram di Semarang, kebanyakan pasti jawabnya Lawang Sewu. Masih di kabupaten Semarang ternyata ada lho saksi sejarah selain Lawang Sewu, hampir serupa cuma beda nasib karena ia teronggok dan mulai merapuh dimakan zaman. Ialah Beteng Willem I Ambarawa. Disebut Beteng Pendem karena konon ada ruang bawah tanah yang berfungsi sebagai penjara. Bnteng Pendem ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan


eksotisme kerapuhan bangunan

Saat saya dan kawan-kawan sampai sana, lokasinya begitu sepi. Sekalipun terlihat rusak di sana-sini namun tempat ini sering dijadikan tempat untuk prewedding. Pernah juga untuk acara uji nyali, menurut cerita teman, banyak yang kesurupan, hiiii. 

Jangan bergidik dulu, sebenarnya di sini nggak seram-seram amat kok, karena didekat bangunan bawah ada yang menghuni. Manusia pastinya ya, ada masjdnya juga lho. Tapi kondisinya yah kurang bagus.

Memasuki kawasan ini tidak dikenai biaya tiket masuk. Yah, kita cuma titip motor di depan gerbang yag mirip terowongan ini dan minta izin saja sama bapak-bapak yang kebetulan ada di situ.


Pintu masuk lokasi


Saat berfoto di lantai dua, kami banyak menjumpai sarang burung walet di sana.


Nah, di situlah terdapat banyak burung walet.

Di sebuah situ majalah yang saya baca sarang burung waletnya sampai diekspor ke China. Konon benteng ini dulunya difungsikan untuk penjara dan sebagai barak militer KNIL.

Untuk sampai lokasi dari Semarang bisa naik jurusan Ambarawa Semarang, lalu turun Palagan. Nah, setelah dari situ bisa jalan kaki. Namun saya yakin akan mengalami kegemporan yang luar biasa, karena letak Beteng ini di tengah-tengah sawah. Ancer-ancer yang paling dekat adalah RSUD Ambarawa. Jika ingin ke sini jangan lupa untuk mampir juga di Museum Isdiman yang terkenal dengan Museum Palagan. Selamat jalan-jalan yaa.

Sumber foto : Arista Niken. 

1 komentar: