Senin, 27 April 2015

Bikin Owl Unyu yuk!!!

Aduuh.... lagi kendor ngeblognya dalam kata lain adalah malas, hihihi. Gara-gara netbooknya lemooot banget kalau dibuka nunggu proses bisa sampe ngetik begini itu kira-kira sejam. Udah gitu, tahu-tahu mata ngantuk aja. Batal deh posting *alesan.
Oh ya, kali ini saya pengen bagi tutorial kreasi dari clay tepung. Sudah pada tahu kan apa clay tepung itu? 
Apa?? belum? hehehe. Jadi clay itu sendiri artinya adalah tanah liat. Namun, karena bahannya terbuat dari tepung jagung makanya dia disebut clay tepung. Clay jenis ini sifatnya air dry clay. Jadi, proses pengerasannya tinggal didiamkan saja. Ketahanannya juga relatif. Namun usahakan tidak terendam air. Proses pengerasan membutuhkan 5-7 hari. Jadi, musti extra sabar. Jangan dijemur di bawah matahari yaaa. Nanti luarnya saja yang kering. Tapi dalemnya masih lembek.

Saya mulai suka ngulet-ngulet clay ini pertengahan 2014. Ya, hobi yang nggak kepikiran sama sekali buat ditekuni sampai sekarang. Hasil berguru dari internet saya mulai bisa ngebentuk-bentuk clay sesuai keinginan, walaupun masih rada nyonto banget, hihihi.  Oke langsung saja ya saya poskan fotonya. Kali ini membuat bentuk yang mudah yaitu, Simple owl.




1. Bentuk bulatan agak besar, pastikan clay tercampur rata, sehingga saat kering tidak belang-belang.
2. Pipihkan bulatan tadi menjadi bentuk tetes air, cubit ujung-ujungnya sehingga seolah-olah membentuk telinga burung hantu.
3. Bentuk bulatan kecil.
4. Pipihkan.
5. Tempel di bagian perut owl


6. Bentuk dua bulatan sama besar,
7. Pipihkan, seperti bentuk tetes air
8. Tempel di dua sisi tubuh owl kanan dan kiri
9. Bikin dua bulatan kecil lagi yang berfungsi sebagai mata owl.
10. Satu bulatan kecil pipihkan pasang terbalik, berfungsi sebagai hidung owl.
11. Owl belum sempurna


12. Warnai mata owl menggunakan kuas membentuk bulatan hitam, kalau saya menggunakan eyeliner cair yang tak terpakai.
13. Tusukkan paku sembilan yang sudah dilengkungkan untuk mengaitkan ring agar gantungan  kunci tidak mudah lepas.
14. Tusuk-tusuk bagian perut owl menggunakan jarum. Seolah-olah membentuk bulu owl

Membuat bahan clay tepung ini susah-susah gampang jika adonannya kurang pas, bisa jadi clay kering dan susah dibentuk. Cara membuatnya yaitu, campurkan tepung jagung (maizena) dengan lem kayu takarannya 1:1. beri sedikit air. agar adonan kalis teteskan baby oil atau lotion. uleni dengan sabar.
Jujur, sampai sekarang saya belum berhasil membuat adonan yang pas. Untuk membuat adonan yang sip markosip dibutuhkan jam terbang tinggi dalam prakteknya. So, jika hanya ingin iseng-iseng, beli saja bahan claynya di gramedia, Biasanya clay oven.

Oke deh....happy crafting yaaa. Jika ada yang ditanyakan, sila poskan komentar. Insyaallah dibalas. Semoga bermanfaat.

2 komentar: