Minggu, 25 Desember 2011

Ngajar nih yeeee


Alhamdulillah ne udah SMA kelas dua aja. Tujuh belas cin, masa remaja yang indah denger-denger sih. Kelas dua ini materi pelajaran udah penjurusan dong pastinya, hmm...enak banget kan?! Jadi belajar sesuai dengan yang kita sukai kan lebih menyenangkan daripada memaksakan menjejalkan pelajaran yang ssungguh nggak kita suka. Menyiksa batin perlahan-lahan dan menyebabkan degradasi moral (loh apa hubungannya)
            Bisakah kau tebak kelas apa yang kudapat, dan tentunya hanya ada dua jurusan IPA dan IPS, wah kamu salah, masa aku  anak IPA sih, nggak banget dong, liat mukaku yang sungguh nggak mencerminkan kecerdasan eksakta ha….ha…ha, .kalo anak IPS ya barulah, dimana pelajaran yang penuh teorilah makanan kita di sekolah. Hmmm....tapi aku seneng banget dapet kelas IPS soalnya udah nggak ada yang namanya Fisika dan Kimia, mpet banget dengan pelajaran itu walau matematika masih ada sih L. Paling kalo IPS itu, itung-itungannya ya Ekonomi sama Akuntansi, ngitung duit gitulah, buat kolom sampe mukanya mirip jaring-jaring. Ya....menurutku, walopun gitu tetep aja judulnya ngitung, tapi dua pelajaran itu menurutku lebih aplikatif dibanding Matematika, Kimia dan Fisika. Ah...tau ah mikirin pelajaran bikin puyeng.
            Nah, di kelas IPS inilah, kita udah ada praktek ngajar. Hmmm....deg-degan juga sih, secara aku kan badannya kecil, entar kalo ngajar tingginya sama kayak muridnya gimana dong. Pengalaman ngajar seperti ini nih yang akan jadi modal buat nyari penghasilan di masa depan tapi sekarang kok nggak minat yah J
            Anak sekelasku udah kebagian mata pelajaran dan kelas yang akan diajar. Alhamdulillah aja daku dapet kelas yang notabene anaknya pinter-pinter. Bersyukurnya lagi nih aku ngajar Bahasa Inggris. Pelajaran yang amat kusukai dan se-enggaknya aku menguasainya lebih dari pelajaran yang lain. Lucky!
***
            Menaiki gedung pembelajaran tempat dimana aku akan mengajar, rasanya dingin dan agak mencekam. Sepi, nie anak-anaknya lagi pada serius belajar pa molor, kutengok kelas yang akan kumasuki. Wah....anaknya cute-cute, sama kayak aku. He....he...he. Aku melongok ke dalam eh ada ustadzahnya *yaiyalah
“Assalamu’alaikum Mi” salamku
“Wa’alaikum Salam. Oh....santri yang mau praktek ngajar ya?” bales si Ustadzah
“Iya ustadzah”
“Sini masuk, wah Bu Gurunya kecil yahkata ustadzah. Aku cengar-cengir kurang darah.
“Nah, anak-anak, sekarang ada yang ngebantuin ustadzah deh, yaudah mulai aja” komandonya. Aku mesam-mesem dulu pastinya. Sebelum mengatur napas dan kata pertama apa yang musti kuucapkan untuk memulai pelajaran.
Hi Good morning everybody” sapaan canggung pertama.
“Good morning” jawab mereka serempak
“How are you”
“I’m fine thank you, and you?”
“Im fine too”
Maka begitulah pembukaan klise, guru amatiran Bahasa Inggris, ya sudahlah. Aku membuka buku pelajaran dong pasti. Hmmm....mana nih yang mau aku ajarin. Bego!! Aku menepuk jidat, ada ustadzahnya kenapa nggak ditanya.
“Maaf ustadzah materinya udah sampe mana yah?”
“Itu tuh chapter V materinya introduction
“Oh ya makasih”
Singkatnya mengalirlah praktek mengajarku walaupun sempet keringat dingin dan basket sih (basah ketek) weekkkk coz ditegor karena nulisnya salah. Yawda ah tengsin juga sih, tapi mo gimana lagi yang penting kan udah pede. Tiga puluh menit berlalu. Sejauh itu nggak da masalah walau sebenarnya aku pengen banget ustadzahnya keluar aja dari kelas nggak ngawasin gitu.
            Pucuk dicinta ulam nggak tiba-tiba, apa bak gayung nggak kunjung bersambut. Aku tungguin lama banget nih ustadzah nggak enyah juga dari kelas ini. Aku merasa tertekan menjurus tertindas nih. Mana pada diem semua lagi nggak ada yang tanya-tanya apaan gitu kek L.
            Pikir punya pikir daripada aku capek nyerocos dan ngomong any question? Tapi nggak da yg Tanya yawda mending kasih latihan aja jadi dakuw kan bisa nyantai, nungguin bel istirahat huahahahaha. Akhirnya aku ngasih latihan mereka ya terima-terima aja yaiyalah namanya juga murid, objek tertindas dan dituntut harus mau.
            Suasana hening, sepi, pun menyelimuti kelas yang kuampu, kepala pada tertunduk pertanda pada serius ngerjain tugas, aku pun berkelililng-keliling menelusuri setiap bangku dan melongok sedikit ke pekerjaan anak-anak (ustadzah mode on)
            Ternyata enak juga ngajar di kelas yang anaknya pinter-pinter, nggak ribet ditanyain, pada rajin-rajin lagi, beruntung banget dapet ngajar kelas yang asyik. Eitss...apa-apaan nih, baru juga ngebatin sedang bersyukur.  Ada yang bakal bikin ribet nih kayaknya. Seorang murid teronggok lunglai diatas meja alias molor. Aduh !!!! bisa-bisanya tadi nggak ngeliat ya. Kira-kira mo diapain nih anak.
            Ketar-ketir juga sih mo menyentuh tubuhnya. Mana gede lagi badannya. Tak suruh aja temennya ngebangunin san tahukah kamu apa yang terjadi kemudian?. Bak raksasa terbangun dari tidurnya. Hoammmmm, selain lebar, jelek banget diliatnya daaaan aduh!!!apa-apaan tuh yang netes panjang banget lagi, ampun deh tuh ILEEEER!!!!!

3 komentar: